Terkait Pengunaan Adzan, CD Soundtrack Noragami Aragoto Ditarik Dari Pasaran

Sabtu, 05 Desember 2015
Terkait Pengunaan Adzan, CD Soundtrack Noragami Aragoto Ditarik Dari Pasaran. Beberapa hari lalu, umat Muslim dari seluruh dunia dikejutkan dengan sebuah cd original soundtrack untuk anime Noragami. Pasalnya, dalam salah satu soundtrack dalam CD yang berjudul "Sounds of the Noragami 2" itu, terdapat satu ost berjudul "Push buttons" yang diketahui telah menggunakan kalimat Adzan dalam liriknya. Tentu saja hal ini mengundang protes yang sangat banyak dari fans anime (khususnya Noragami) yang beragama Islam.

Terkait Pengunaan Adzan, CD Soundtrack Noragami Aragoto Ditarik Dari Pasaran
Noragami no Oto 2

Semua ost Push Buttons dalam media YouTube pun telah dihapus tapi dalam anime Noragami Aragato, soundtrack Push buttons tersebut dapat didengar pada episode ke-1 mulai menit ke 13:50 dan episode ke-6 mulai menit ke 14:40.

Setelah berbagai desakan baik di akun twitter resmi anime Noragami Aragato dan akun twitter resmi komposer lagu tersebut, Taku Iwasaki, akhirnya staf Noragami Aragato memutuskan untuk menarik CD tersebut dan meminta maaf.


"Dalam proses produksi tidak ada niat apapun dari kami untuk menghina Islam atau pengikutnya, atau untuk melakukan penghinaan dengan penggunaan suara ini, Kami tidak menerima konfirmasi arti dari suara tersebut dan hasilnya adalah tidak adanya pertimbangan untuk Islam dan seluruh pengikutnya."

Komite produksi meminta maaf kepada umat Islam dan pihak terkait lainnya, dan berjanji untuk menunjukkan lebih banyak pertimbangan dan hati-hati di masa depan. Permintaan maaf tersebut secara lengkap dapat dilihat secara umum dalam tautan http://noragami-anime.net/owabi/img/noragami_owabi.pdf.

Dari permintaan maaf ini terlihat bahwa sama sekali tidak ada unsur kesengajaan atau pun unsur menghina Islam. Selain CD, staf pun memutuskan untuk menunda perilisan DVD dan Blu-ray disc volume pertama anime Noragami Aragoto yang rencananya rilis pada 18 Desember 2015 nanti.


Keputusan ini tentu menggembirakan bagi umat Muslim tapi tidak sedikit juga fans yang merasa tindakan ini berlebihan termasuk dari umat Muslim (sebagian kecil tentunya) yang tidak merasa terganggu dengan soundtrack tersebut.


Sumber:
ANN
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar