10 Kata Untuk Menggambarkan Orang-orang Jepang

Minggu, 01 September 2013

Setiap masyarakat di suatu negara pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan atau perilaku yang sudah mendasar dilakukan oleh mereka sehari-hari. Seperti halnya masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan masyarakatnya yang ramah di mata orang-orang asing, masyarakat negara Jepang pun memiliki perilaku-perilaku yang dinilai baik di mata orang asing.

Berikut adalah 10 kata yang paling umum untuk menggambarkan orang-orang Jepang di mata orang-orang asing :

1.Sopan
Cara orang-orang Jepang membungkuk dalam memberikan salam dan meminta maaf mungkin bisa menggambarkan kata yang satu ini. Meskipun berjabat tangan sudah umum dilakukan oleh masyarakat Jepang sekarang ini, beberapa pola pikir orang-orang asing menilai membungkuk adalah kebiasaan yang lebih sopan daripada berjabat tangan atau yang sejenisnya.

2.Tepat waktu
Hal lain yang sangat menggambarkan orang Jepang adalah tepat waktu. Akan meninggalkan kesan yang sangat buruk jika Anda terlambat untuk bekerja.

3.Baik
Salah satu hal untuk menggambarkan kata ini adalah dikatakan bahwa orang-orang Jepang memiliki kebiasaan selalu membawa hadiah (biasanya makanan) ketika mengunjungi rumah orang lain di Jepang.

4.Pekerja keras
Merupakan suatu kata umum yang mengklasifikasikan pola pikir masyarakat Jepang. Saking bekerja dengan kerasnya, ada istilah "mati oleh terlalu banyak pekerjaan" atau "karoushi".

5.Hormat
Seberapa dekat atau seberapa bijaksananya seseorang, akan mempengaruhi seberapa hormat seseorang tersebut diperlakukan. Budaya untuk menghormati orang yang lebih tua sudah dipelajari sejak dini oleh masyarkat Jepang.

6.Pemalu
Rasanya wajar jika orang-orang asing mengganggap orang Jepang adalah orang yang pemalu, beberapa alasan diantaranya dikarenakan banyak orang Jepang khawatir tentang keterampilan bahasa mereka dan takut mengatakan sesuatu yang salah dalam bahasa Inggris ketika mereka berbicara dengan orang asing.

7.Cerdas
Jika melihat banyaknya teknologi canggih yang diciptakan oleh orang-orang Jepang, tentu tidak salah jika kata ini ditujukan pada masyarat Jepang. Tapi beberapa pendapat mengatakan bahwa mereka tidak dapat berpikir di luar kotak dan datang dengan solusi baru untuk masalah lama.

8.Pengelompokan
Orang Jepang lebih memilih untuk tidak menyuarakan pendapat mereka sendiri, melainkan akan berbagi ide dengan rekan-rekan mereka dan membuat keputusan kelompok.

9.Formal
Kata ini bisa digambarkan dalam penggunaan akhiran san, kun, chan, sama, dono atau lainnya dalam menyebut nama seseorang.

10.Bersih
Jika Anda berwisata ke Jepang, mungkin kata ini akan terucap dari mulut Anda saat itu. Secara tidak langsung, orang-orang Jepang sudah diajarkan untuk bersih sedari mereka kecil, misalnya para siswa-siswi di Jepang diharuskan membersihkan ruangan kelas mereka sendiri setelah pelajaran selesai.

Kesepuluh kata ini tentunya tidak bisa memberikan fakta bahwa semua masyarakat Jepang berperilaku seperti ini. Tentu akan ada pro dan kontra mengenai hasil ini. Jika Anda harus menggambarkan orang Jepang dalam satu kata, mana yang akan Anda pilih ? 


Sumber :
rocketnews24
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar