Taiyaki, Kue Berbentuk Ikan Asal Jepang

Kamis, 08 Agustus 2013

Bagi Anda penggemar kue terutama kue-kue dari Jepang, pasti sudah tidak asing dengan "Taiyaki". Taiyaki (鯛焼き - baked sea bream) adalah kue Jepang berbentuk ikan. Walau berbentuk ikan, taiyaki tidak berisi ikan tapi berisi pasta kacang merah yang terbuat dari kacang azuki manis. Meskipun pasta kacang merah adalah isian yang paling sering digunakan, bahan-bahan seperti puding, coklat, keju, atau ubi jalar pun tidak jarang untuk ditemui.

Taiyaki adalah kue yang cukup mudah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan selain cetakan taiyaki adalah ;

2/3 cup tepung terigu (110g)
2 sdt baking powder
2 1/2 sendok makan gula
3/4 gelas susu (180 ml)
1 butir telur
1/2 cangkir sampai 3/4 cup anko (pasta kacang merah)
minyak untuk memasak


Campur tepung terigu, baking powder, dan gula bersama-sama. Kocok telur lalu tambahkan susu. Aduk sampai rata. Panaskan cetakan taiyaki. Oleskan minyak pada cetakan dan tuangkan adonan ke salah satu sisi cetakan. Tambahkan sesendok besar pasta kacang merah. Tutup cetakan lalu balikkan. Masak selama 30 detik. Ulangi sampai matang. Ini biasanya butuh waktu selama 3 sampai 4 menit di atas api kecil.


Di Korea, terdapat sebuah kue yang mirip dengan taiyaki yaitu "Bungeoppang" (붕어빵). Dalam bahasa Korea, bung'eo (붕어) berarti Carassius, semacam ikan, dan ppang (빵) berarti roti. Bungeoppang dibuat dengan cetakan berbentuk ikan dengan pasta kacang merah sebagai isinya. Bungeoppang pertama kali diperkenalkan ke Korea oleh Jepang selama Kolonial Korea pada tahun 1930-an.

Bungeoppang

Tertarik untuk membuatnya ? Adakah yang sudah mencoba salah satunya atau bahkan keduanya ?


Sumber :
mamaloli
wikipedia
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar