Anda Penyuka Kopi ? Simak Fakta Tentang Kafein

Senin, 17 Juni 2013

Kemungkinan besar Anda pernah melakukan suatu kegiatan yang mengharuskan Anda harus begadang walaupun itu hanya satu kali. Rasa kantuk pun tentu saja tidak tertahankan. Dalam kondisi mengantuk tersebut, biasanya apa yang Anda lakukan ? Jika diadakan polling, pilihan meminum kopi mungkin akan memperoleh suara terbanyak. 

Kopi mengandung senyawa bernama kafein yang merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk secara sementara. Tapi pada kenyataannya, secangkir kopi dapat memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh. Pada buku seorang ahli gizi bersertifikat dan penasihat makanan, Natsuko Kasai, berjudul Sweet things are Bad for the Brain, dijelaskan bahwa meminum kopi dapat memberikan efek yang lebih dari sekedar mengusir rasa kantuk.

Lalu hal apa yang perlu dikhawatirkan dari secangkir kopi bagi seseorang yang suka begadang ? Pada dasarnya, kafein dalam kopi menginduksi diuretik atau istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi atau buang air kecil. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda harus ke kamar mandi terlalu sering. Setiap kali Anda buang air kecil berarti Anda kehilangan air. Ketika Anda menjadi lebih dan lebih dehidrasi, darah Anda mengental dan bergerak lebih lambat melalui pembuluh darah Anda. Ini berarti bahwa tubuh Anda menggunakan oksigen pada tingkat yang lebih lambat. 

Kafein bisa dikatakan sebagai obat yang mengaktifkan saraf simpatik yang membuat Anda merasa lebih terjaga. Karena sifatnya hanya sementara, Anda merasa harus meminum secangkir kopi lagi dan begitu seterusnya. Semakin banyak Anda minum, semakin sering Anda buang air kecil. Semakin sering Anda buang air kecil, semakin sedikit air yang Anda miliki di tubuh Anda. Kurang air berarti aliran darah melambat dan ini justru akan membuat Anda menjadi lebih lelah daripada sebelumnya. Terlalu banyak kafein dapat membuat saraf simpatik menjadi lumpuh terhadap kafein dan pada kondisi ini, meminum kopi bahkan tidak akan memberikan Anda semburan energi tetapi hanya akan mengisi kandung kemih Anda. 

Kasai menyarankan orang-orang untuk menjauh dari semua minuman berkafein ketika mencoba untuk tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. Minuman yang memiliki kadar gula tinggi juga tidak dianjurkan. Minuman yang dapat menaikkan dan menurunkan gula darah secara tiba-tiba seperti minuman olahraga juga tidak dianjurkan. 

Jika memang diharuskan begadang, air putih dan teh barley non-kafein dapat diandalkan. Kurangi atau hentikan merokok saat begadang (jika Anda perokok), karena dapat membuat kerja tubuh menjadi lebih berat. Lakukan sedikit peregangan dan jangan memaksakan diri. Jika sudah terlalu lelah, beristirahatlah sejenak.


Sumber :
en.rocketnews24
wikipedia
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar