Pertama Kali, Pemain Shogi Profesional Dikalahkan Oleh Sebuah Program Komputer

Jumat, 05 April 2013

Apa Anda tahu apa itu shogi ? Shogi adalah sebuah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang (Sente ε…ˆζ‰‹ (hitam) dan Gote εΎŒζ‰‹ (putih)) di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Shogi disebut juga sebagai catur Jepang.

Untuk pertama kalinya, sebuah program software komputer telah berhasil mengalahkan seorang pemain shogi profesional, Shinichi Sato.

Program komputer yang diberi nama Ponanza ini berhasil mengalahkan Sato (30) yang merupakan seorang pemain shogi profesional tingkat 4-dan tanggal 30 Maret 2013 kemarin bertempat di Shogi Hall, Tokyo. Sosok yang berada di balik layar atas kemenangan Ponanza ini adalah Issei Yamamoto, seorang pria 27 tahun yang mengembangkan program perangkat lunak shogi dari sekitar empat dekade yang lalu.

Sato yang waktu itu mengenakan baju resmi Jepang berkomentar, "Saya pikir saya mungkin mampu berbuat lebih banyak, tapi ini yang terbaik dariku untuk saat ini."
 
Issei Yamamoto (kiri) dan Shinichi Sato (kanan)

Kemenangan komputer terhadap pemain shogi profesional ternyata bukan kali ini saja terjadi. Tahun 2012, sebuah program komputer berbeda bernama Bonkuras (dibuat oleh Fujitsu Laboratories Ltd), pernah mengalahkan seorang mantan pemain shogi profesional, Kunio Yonenaga. Yang membuatnya berbeda, kemenangan Ponanza ini adalah kemenangan formal pertama melawan seorang pemain pro shogi yang masih aktif.

Pada saat itu, Ponanza tidak membuat kesalahan dan akhirnya bisa membuat Sato terpojok.

Pada hari sebelum pertandingan, Sato menulis sesuatu di blog-nya, "Saya akan menang bagaimanapun juga untuk orang-orang yang memberi saya semangat dan untuk diriku sendiri."



Sumber :
japantimes
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar