Film Dokumenter Tentang Aksi Bunuh Diri di Jepang - "Saving 10,000 – Winning a War on Suicide in Japan"

Selasa, 02 April 2013

Tingkat aksi bunuh diri di Jepang bisa dikatakan tinggi. Pada tahun 2006, pemerintah Jepang melaporkan bahwa tingkat aksi bunuh diri di Jepang adalah yang paling tinggi kesembilan di dunia. 71% pelaku bunuh diri adalah pria berusia antara 20-44 tahun. Pada tahun 2007, Jepang menduduki peringkat pertama di antara negara-negara G8 untuk kasus bunuh diri yang dilakukan oleh wanita dan peringkat kedua, di belakang  Rusia, untuk kasus bunuh diri yang dilakukan pria. Pada tahun 2009, jumlah kasus bunuh diri meningkat 2 persen menjadi 32.845 dengan hampir 26 kasus bunuh diri per 100.000 orang. Jumlah ini menandakan sekitar satu orang bunuh diri setiap 15 menit.

Keprihatinan akan hal inilah yang mungkin membuat seorang ekonom dan pembuat film amatir asal Irlandia, Rene Duignan, menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk membuat sebuah film dokumenter tentang aksi bunuh diri di Jepang.


"Kami menamai film ini 'Saving 10.000,' karena penting memberi orang target untuk bekerja, untuk mendapatkan kembali angka bunuh diri di Jepang ke 20.000", kata Duignan.

Duignan menambahkan, "Saya kadang bertanya-tanya mengapa saya melakukan ini, karena ini tugas yang hampir mustahil. Ini adalah beban besar," katanya. "Tapi bahkan pada saat yang sama, saya merasa, 'Apakah saya pernah ingin menghentikannya ?'. Hal itu sebagian berasal karena rasa sudah berada di sini, 15 tahun di Jepang, dan mencintainya, menikmatinya, dan hanya ingin melakukan sesuatu yang positif", tambah Duignan.

Tidak seperti film dokumenter beranggaran kecil lainnya, "Saving 10,000" telah menarik perhatian banyak media. Film ini juga memicu minat dari para politisi dengan permintaan DVD dari Menteri dan Wakil Menteri dan penayangan yang diselenggarakan di Parlemen Jepang. Rene telah memiliki hak istimewa untuk membagikan ide-idenya dalam pertemuan dengan Satuan Pencegahan Bunuh Diri dari Kantor Kabinet. Sejumlah besar permintaan penayangan telah datang dari seluruh Jepang. 

Rene Duignan (kanan), melakukan wawancara untuk film "Saving 10,000--Winning a War on Suicide in Japan."

Film yang didanai sendiri dan dibuat seluruhnya oleh Duignan dan kolaborator Marc-Antoine Astier ini telah mendapatkan berbagai macam respon sehingga mereka memutuskan untuk merilis film ini secara gratis di YouTube tanggal 6 Maret 2013 lalu. DVD film ini juga akan disediakan secara gratis untuk setiap organisasi / universitas / LSM yang ingin mengadakan penayangan publik.


"Untuk membuat keputusan memberikannya, Anda mengkristalisasi kerugian Anda. Tapi sekarang film ini ada di luar sana, dan sampai ke tingkat bawah. Film ini tidak harus mendapatkan jutaan hits. Film ini akan ditemukan oleh orang-orang yang ingin melihatnya dan siapapun yang perlu melihatnya", komentar Duignan.


Meskipun penyebab bunuh diri tidak dapat diatasi dalam semalam, Duignan berharap filmnya setidaknya akan membantu untuk memecahkan masalah bunuh diri tersebut.

"Ada batasan untuk apa yang dapat Anda lakukan dalam film berdurasi 52 menit, tapi apa yang saya temukan menjadi luar biasa adalah bahwa saya menghadiri semua peristiwa ini, dan di sini kita semua berbicara tentang isu-isu tersebut. Kita tidak akan berbicara tentang mereka jika film itu tidak ada di sana."

Silahkan kinjungi situs resmi "Saving 10,000" di http://www.saving10000.com/.


Sumber :
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar