Doraemon Ditetapkan Sebagai Duta Khusus Tokyo 2020

Minggu, 07 April 2013

Komite Tokyo 2020 telah menetapkan karakter manga populer karya Fujiko F. Fujio, Doraemon, sebagai duta khusus untuk mewakili Tokyo dalam meraih posisi sebagai tuan rumah dari Olimpiade Musim Panas 2020 (Summer Olympic Games). Karakter robot kucing berwarna biru ini akan muncul di acara-acara promosi, halaman Facebook resmi panitia komite, dan chatting online dengan pengunjung. Para anggota komite berkata bahwa mereka memilih Doraemon karena popularitasnya di seluruh dunia, serta representasiya tentang nilai-nilai Jepang seperti "menghormati" dan "persahabatan".

CEO Tokyo 2020 dan Wakil Presiden Komite Olimpiade Jepang (JOC), Masato Mizuno, mengatakan bahwa, "Popularitas global anime Jepang yang diwakili oleh Doraemon adalah pengingat yang kuat atas kemampuan Jepang untuk menginspirasi orang-orang muda. Ia juga menambahkan kredibilitas lebih lanjut untuk janji kami dalam memberikan perayaan dinamis yang memperkuat nilai Olimpiade dan mendorong orang muda untuk mengejar impian mereka melalui olahraga. Kami senang memiliki teman dengan banyak akal, Doraemon, di tim tawaran kami." 

Karakter ini sebelumnya pernah terpilih sebagai duta anime Jepang pertama pada tahun 2008 oleh Departemen Luar Negeri Jepang. 

Tokyo 2020 merupakan sebuah nama yang digunakan oleh kota Tokyo dan Komite Olimpiade Jepang dalam penawaran untuk dapat menjadikan Tokyo sebagai tuan rumah Summer Olympic Games 2020 (Games of the XXXII Olympiad). 

Istanbul, Tokyo dan Madrid adalah 3 kota yang dicalonkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Tokyo sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 1964. Pengumuman kota yang menang dalam sesi tawaran ini akan diumumkan pada tanggal 7 September 2013 pada Sidang IOC (International Olympic Committee) ke-125 di Buenos Aires, Argentina. 



Sumber :
ANN
wikipedia
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar