Astro Boy Diklaim Ikut Bertanggung Jawab Atas Bencana Nuklir Fukushima 2011

Selasa, 09 April 2013

Dikalangan para penggemar anime dan manga, nama Osamu Tezuka pasti bukanlah nama yang asing, selain karena dijuluki sebagai "the father of manga", karakter ciptaannya yang berupa sesosok robot bernama Astro Boy (Tetsuwan Atom) adalah salah satu tokoh anime dan manga yang paling mendunia.

Tapi siapa sangka, karakter yang manga-nya pertama kali dirilis pada tahun 1952 ini kini harus menghadapi kritik-kritik dari beberapa pihak karena perannya dalam mempromosikan penggunaan energi nuklir.

Seperti yang sudah diketahui, Astro (disebut Atom dalam bahasa Jepang) menggunakan tenaga nuklir sebagai energi. Sehubungan dengan bencana nuklir di prefektur Fukushima dua tahun lalu, beberapa klaim yang dibuat melalui internet mengatakan bahwa "Astro Boy" ikut bertanggung jawab untuk menyebarkan penggambaran optimis dan aman dari penggunaan tenaga nuklir.


Rumiko Tezuka, putri tertua Tezuka, kini menjadi objek kritik dari hasil pekerjaan ayahnya tersebut.


"Dia (Tezuka) menunjukkan di 'Astro Boy' bahwa manusia tidak cukup bijak untuk memanfaatkan sepenuhnya ilmu pengetahuan, dan bahkan tidak mengenali potensi ancaman yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan," katanya.

Rumiko yang saat ini berusia 48 tahun dan bekerja sebagai produser perencanaan ini menambahkan bahwa sebenarnya seluruh aspek “Astro Boy” tercermin pada tahun 1950-an ketika energi nuklir masih baru dan masyarakat percaya bahwa penggunaan itu akan membuat orang bahagia. Hal ini terlihat dalam nama-nama saudara Atom yaitu Cobalt (kakak), dan Uranium (adik).

Bagaimana tanggapan Anda ? Apakah sosok robot yang baru saja berulang tahun ke-10 pada tanggal 7 April 2013 kemarin ini mempunyai hubungan dengan bencana nuklir Fukushima 2011 ?

Astro Boy © Osamu Tezuka / Tezuka Productions


Sumber :
wikipedia
Komentar (Refresh (F5) Halaman ini jika komentar tidak muncul)
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar